Sunday, June 4, 2017

Ketika Rakjel ke Pulau Sangiang

Kata siapa Bella cuma bisanya ke Bali sok fancy, gitu ngabisin uang,

Bella juga ke Semarang sok fancy gitu, boros ngabisin uang 

De factonya, aku pernah banget ke Gunung Prau cuma habis 500 ribuan (kereta PP, makanan dll), plus ke Pulau Seribu sama sih 400 ribuan ajaaa.

So.. akhirnya Bella back as a rakjel alias Rakyat Jelata, Kalau ditotal uang yang aku keluarin ga lebih dari 499 ribu. Totally Rakjel dan nge-gembel saudara saudara. Yeaaaaah I knew.. people will judge mau fancy lah mau jadi rakjel lah ahaha, ih kok mau aja sih, whatever things that makes me happy, I will do it! Because my happiness is not as a result from their judgement :) 

Pulau Sangiang masih ada di gugusan Pulau Seribu dan Banten, letak pelabuhannya ada di sebelah pantai Anyer, nah dari situ ga kita tinggal naik kapal untuk sampai ke Pulau tersebut, kira kira 45 menit dari pelabuhan tersebut, kita sudah sampai dan berasa ada di rayuan pulau kelapa, karena banyak banget Pohon Kelapanya

Bella di Sangiang, 2 better dibanding 1 ya Bels lol
Ga seperti Pulau harapan yang homestay nya udah lumayan modern walaupun rumahnya sederhana, di Pulau Sangiang, aku disuguhi benar benar layaknya kampung, rumah-rumah sekitar masih berbentuk rumah panggung dan kayu. Selain itu soal penerangan nya, masih memakai genset :( , itupun hanya ada di beberapa home stay, air bersih ada dua, pertama ada di homestay yang jauh dari pantai, air bersihnya murni air tawar, bukan air putih asin. Yang kedua ada di sekitar pantai tapi harus nimba airnya. Tapi aku bahagia bisa liat karang lagi, laut lagi, main di baluran ombak, liat mawar mawar laut saat snorkeling dan itu indah banget, beda saat aku ke Pulau Seribu, aku lebih suka terumbu karang di sini, karena lebih jernih dan terumbu karangnya eksotis. Di Pulau Seribu mungkin lebh banyak ikannya, sayangnya ombaknya lagi deras jadi aku ga menikmati snorkeling di sana.

Okay back to Sangiang

Q: Gimana sih bisa mencapai Sangiang Island ala rakjelnya Bel?

Kalau aku karena murni backpackeran, caranya adalah dari Stasiun Tanah Abang hari itu Jumat pukul 09.00 pm, karena saling nunggu nungguan akhirnya berangkat ke sana naik Kereta Tanah Abang sampai dengan Kereta Api Rangkas Bitung, kebetulan aku dari Sudirman karena sehabis pulang kantor, totalnya hanya Rp 9.000

Trip kali ini aku bareng Kak Chin dan temen temannya yang sebelumnya kita pernah bareng bareng nge trip ke Wonosobo aka Gunung Prau.

Setelah melewati 14 stasiun, akhirnya sampai di Stasiun Rangkas Bitung, karena kereta ke Anyer ittu di stasiun krenceng pakai kereta api lokal cuma Rp 3.000 rupiah saja saudara saudara, berangkat pukul 4 pagi, sementara, kita sampai di Rangkas Bitung pukul 12 malam, menginap di unit kesehatan nya KRL Rangkas Bitung, karena Bang Ozi karyawannya PT. KAI huaaaaa ini first time bangettttt lah wkwkw.

Naik kereta lokal yang berasa VIP, ACnya tiap bangku ada satu dan itu ga ada penumpang lain, jadi aku bisa tiduran di kereta plus pakai jaket. Sampai di Stasiun Krenceng pukul setengah 6 pagi, terus nyarter mobil Rp 16.000 perorang (which is masih mahal) sampai di pelabuhan yang aku lupa namanya apa pokoknya di sebelah anyer. Aku sempet mesen indomie juga dekat pelabuhan setelah mbak mbak nasi uduk baru nawarin. -____- sedihhh euy #infotakberfaedah

Q: Terus yang paling mahal kan sewa kapal, berapa sih sewa kapalnya?

Kebetulan ini di handle sama kawan kawan dari Explore Sangiang milik Kak Anugrah, harganya 300 ribu untuk dua hari, jadi ga usah pusing pusing mikirin home stay, sewa kapal dll, sebenernya bisa aja sih, cuma berhubung rombongan rakjel ini cuma 9 orang. Jadi yaudah deh, piknik cantik pakai tenda di Pulau Sangiang pun bisa, dan harganya jauh lebih murah dibandingkan di homestay, ada beberap orang rombongan anak anak SMP bahkan yang handle liburan mereka sendiri dari mulai nyewa kapal, pasang tenda, sampai mancing ikan karang dan bikin ikan bakarnya sendiri. Aku saluuut banget :


Q: Terus cerita dong Ngapain Lagi?

Kepo bangetttt. 

@ Snorkeling

Sampai di pelabuhan, kita dapat instruktur nih untuk langsung ganti baju buat snorkeling, di pelabuhan sini ada toilet yang amat sangat sederhana dan bisa ganti baju. Bayarnya 2000 sajaaa. Dan aku sama Ayu muntah di perjalanan kali ini, pertama karena aku makan indomie, kedua karena ga makan malem pas yang lain makan malem karena udah kecapean T.T kalau ayu sih gatauuuu yah dia kenapa.

Oh iya,, Snorkelingnya di dua tempat, seperti yang aku bilang aku sangattttt terkesimaaa sama Sangiang di labuan bajoo (kalau ga salah denger namanya teh gitu) karena penuh mawar mawar gitu, dan Subhanallah cantiknyaaaaa luar biasa, mata aku yang lelah sedari tadi dari soal kereta, nginep ga jelas dll hilang dan luntur seketika.

Oh iya, aku cuma bawa hp samsung S7 edge yang mati total semenjak perjalanan dari kereta, jadi ini trip yang agak menyedihkan lah yah, ga bisa selfie (penting banget) plus ga bisa video video yang keren


snorkeling di Sangiang

Oji dan Ayu, aku keasikan berenang jadi kepisah sama yang lain


Sampai di pantai

Karena aku ga bisa video ada baiknya kalian nonton video ini dulu biar ada gambaran sedikit tentang Sangiang...

Q:Terus yang bikin beda Sangiang itu apa?

Pertama sih pasirnya putih dan banyak hal hal yang bisa kita explore, selain pantai, bisa nanjak ke atas untuk dapet spot spot foto terbaik, ada juga Saung Tungku, Goa kelewar dan lain,

So yang belum pernah ke Sangiang dan nyoba jadi Rakjel, sok lah di coba

#Resolusineneknenekpuas #bellangerakjel #pulausangiang

Ini dia galerinya.. semoga dinikmati


@ Karang Karang Spot






bahagiaaaa





@Photo Bomb Dekat Saung Tungku




Sejujurnya untuk menuju Saung Tungku kita harus meniti sampai ke bawah dengan tali, tapiiii karena anaknya penakut aku gaikut mereka wkwk



terang amattt, jauh amaat ini bukan muhrim ya lol

 ini foto fotonya ga aku edit karena males hahahahha maaf ya :(


@antah berantah tapi kubahagia



dipandu sama Bapaknya biar ga kesasar mayan banget keringetan sihhh :(((


@ Puncak Begal
backlight saudara saudaraaaa

sok galau




Ka Chin, Aku sama Citra :))

matanya ga bisa kena cahaya matahari jadi makin sipit yah

ka debby nekat nanjak ke atas, ahahaha dari snorkeling emang dia yang paling lucu ada aja lah

@goa kelelawar

di gua sini sebenernya ada hiunyaaaaa lol, udah pasrah ombaknya dateng gede banget



terima kasih temen temen gokilllsss dan rakjel akooh ketjuppp muahh


Syekiaaaaaannnn

Btw,Ini rangkuman costnya aku yah


DescriptionCost
Cemilan, Air dll75.000
Kereta PP28.000
Indomie di Pelabuhan, plus teh 20.000
Kapal, Homestay, Makan300.000
Meals: Makan Padang pas Pulang30.000
Charter Mobil PP26.000
Pengeluaran lain220.000
Total499.000